Pesan untuk Siswa SMP Negeri 3 Baradatu “BERLAKULAH JUJUR DALAM MENEMPUH ULANGAN/UJIAN”

Mulai hari ini Senin,8 Oktober 2012 s.d Sabtu,13 Oktober 2012 kalian semua menempuh Ulangan Tengah Semester (UTS) 1 Tahun Pelajaran 2012/2013.

Dalam melaksanakan UTS ini Bapak dan Ibu gurumu mengharapkan agar kalian dapat berlaku “JUJUR”, Jujur berarti berkata yang benar yang bersesuaian antara lisan dan apa yang ada dalam hati (diri kita). Jujur  dalam menempuh ulangan berarti tidak berupaya menyontek atau minta bantuan atau membantu teman selama pelaksanaan ulangan. Apakah kamu tidak ingin disebut menjadi siswa yang jujur? ataukah kamu akan menjadi siswa tidak jujur (siswa pembohong) ?

Mari kita menjadi orang yang jujur. Biasakan berlaku jujur dalam melakukan segala sesuatu, termasuk berlaku jujur dalam menghadapi UTS sekarang ini.      Ingat kebohongan itu membawa akibat buruk atau kerugian besar bagi diri kalian sebab Allah akan mencatatnya sebagai sebagai seorang “pendusta”.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta”.

Simak kisah singkat seorang anak yang jujur yang menulis dalam diarynya berikut ini:

Lisna, Kisah Anak Jujur Sejati

Lisna diary, menarik perhatian saya untuk membacanya. Saya pun berhenti lama untuk memaknai salah satu curahan hatinya, “AKU ANAK JUJUR”.

Lisna bercerita lewat ungkapan kata penuh kepolosan layaknya anak kelas 5 SD, “Kemarin aku ulangan Matematika soalnya susah bangeeet tapi aku berusaha menghitung dengan ditel tapi banyak teman-teman yang dikasih tau sama guru. Soalnya agak susah tapi aku nggak mencontek mungkin aku jarang belajar aku terlalu banyak main walaupun soalnya susah aku tidak mencontek mungkin nilainya kecil tapi aku tetap bangga karna hasil belajarku sendiri tanpa mencontek sama siapapun. Aku tetap jujur karena lebih baik jujur aku kemarin sebenarnya susah capek dan pusing tapi aku tetap jujur karna aku anak jujur yang sejati”.

Sumber: http://mgmppaismpwaykanan.wordpress.com/2012/09/15/lisna-kisah-anak-jujur-sejati/#more-150

(Pesan dari bapak dan ibu gurumu SMPN 3 Baradatu)

(admin:effendyakmal)

Pos ini dipublikasikan di Berita Pendidikan, Berita Sekolah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s