600 Ribu Honorer Kategori II Tetap Diverifikasi

JAKARTA – Honorer tertinggal kategori dua yang berjumlah 600 ribu orang masih harus melalui tahap verifikasi. Itu berarti, sebelum dilakukan tes sesama honorer dalam seleksi CPNS pada 2012 mendatang, data-data mereka harus diperiksa lagi.

“Tidak bisa langsung ikut tes. Data mereka harus diperiksa lagi. Memang data terakhir yang masuk ada 600 ribu orang,” kata Kabag Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat, Jumat (30/9).

Perlunya verifikasi data, lanjutnya, untuk menghindari manipulasi data honorer. Dikhawatirkan data yang masuk tidak semuanya masuk kriteria honorer kategori dua.

“Syarat utama mereka harus honorer di bawah 2005 yang diperkuat dengan SK pengangkatan per Januari 2005,” ujarnya.

Selain itu honorernya tidak dibiayai oleh APBN/APBD dan diangkat oleh pejabat berwenang. Honorer tertinggal kategori satu dan dua, terang Tumpak, hanya berbeda pada sumber pembiayaannya saja.  Kalau yang kategori satu, imbuh dia, dibiayai APBN/APBD. Sedangkan kategori, dibiayai dari sumber lain seperti dana BOS.

“Itu sebabnya honorer kategori satu setelah lolos verifikasi/validasi langsung diangkat CPNS. Sedangkan kategori dua masih harus dites sesama honorer.”

Kapan verifikasinya dilakukan, menurut dia akan dilakukan setelah RPP tentang honorer dan pegawai tidak tetap (PTT) ditetapkan.

“Tahun ini yang akan diselesaikan honorer kategori satu. Yang kategori dua diselesaikan tahun depan. Nantinya yang tidak lulus dalam seleksi CPNS sesama honorer, akan diarahkan ke PTT,” tandasnya. (esy/jpnn)

Pos ini dipublikasikan di Berita Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s