PNS Harus Kuasai Bahasa Inggris dan Komputer

JAKARTA–Tingginya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengharuskan peningkatan kualitas setiap aparatur. Karena, setiap pegawai harus menguasai teknologi terutama komputer dan mampu berbahasa Inggris.

“Bukan hanya karyawan swasta saja yang harus dilengkapi ketrampilan bahasa Inggris dan komputer. PNS juga wajib agar tidak dibilang gaptek,” ungkap Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan, Rabu (18/5).

Penguasaan teknologi komputer dan bahasa Inggris ini terkait dengan peningkatan kompetensi serta pengetahuan. Pasalnya, banyak PNS yang tidak mampu mengoperasikan komputer dan programnya. Mereka pun lebih suka bekerja secara manual, tanpa teknologi.

Dia mencontohkan, dalam penyusunan formasi CPNS, banyak daerah kesulitan mengisi format yang sudah dibuat pusat. Penyebabnya, PNS-nya tidak mampu menggunakan program yang harus digunakan untuk mengisi formulir tersebut.

“Daerah-daerah mengeluhkan kalau program yang dikirimkan pusat sulit. Padahal itu hanya program excel saja. Bisa dibayangkan kalau programnya di atas excel, tambah tidak tahu lagi mereka,” ujarnya.

Dia menyadari banyaknya PNS yang tidak menguasai komputer dan bahasa Inggris karena aparaturnya masih didominasi lulusan SMA. Namun, perlahan-lahan porsi SMA akan diganti dengan lulusan sarjana yang dilengkapi ketrampilan tambahan.

“Kalau ingin eksis dan bisa bersaing, para PNS hendaknya bekerja semaksimal mungkin. Pegawai  juga harus meningkatkan kompetensi dan pengetahuannya. Selain itu, para pegawai perlu jeli terhadap peraturan-peraturan kepegawaian yang ada,” tandasnya. (Esy/jpnn)

Sumber: http://www.jpnn.com

( admin: effendya )

Pos ini dipublikasikan di Berita Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s