BOS Dibawah Indek Biaya

PURBALINGGA – Besaran alokasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk siswa SD dan SMP hingga saat ini masih di bawah indek biaya (Index cost) setiap siswa selama satu tahun ajaran.      Saat ini per siswa SD hanya mendapatkan Rp 397 ribu dan SMP Rp 572 ribu yang  masing- masing dibagikan per triwulan.

Sementara index cost untuk per siswa  SD sebesar Rp 800 ribu dan untuk SMP Rp 1,2 juta. Perbedaannya dengan alokasi dana BOS masih jauh. Jumlah itu sesuai dengan penelitian Balitbang tingkat nasional.

Hal itu diungkapkan Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Purbalingga yang juga Manajer BOS Kabupaten Purbalingga, Ashari MPd, belum lama ini. Sampai saat ini belum ada penghitungan kembali indeks di tingkat kabupaten per siswa. Harapannya akan diketahui biaya riil setiap siswa selama tahun ajaran. Termasuk perbedaan antara kebutuhan siswa di perkotaan dengan di pelosok desa.

“Meskipun begitu kita tetap berupaya melaksanakan mekanisme penyaluran BOS tepat waktu. Bahkan untuk tahun 2011 ini, Purbalingga menempati urutan kedua se Indonesia terkait penyaluran BOS yang sesuai waktu. Untuk triwulan pertama,” paparnya, Minggu (3/4)

Ashari menambahkan, sekolah diwajibkan menyelesaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS sebelumnya sekaligus menyertakan RAB 3 bulan ke depan. Untuk triwulan kedua, belum ada pencairan. Namun pihaknya optimis bisa terlaksana lebih cepat. “Alur dana BOS saat ini yaitu dari pemerintah pusat ke kas daerah, lalu kepada dinas pendidikan kabupaten dan langsung ke rekening sekolah,” tambahnya.

Sementara itu untuk jumlah siswapenerima BOS tahun 2011 ini sebanyak 83.879 orang siswa SD. Jumlah siswa SMP sebanyak 34.925 orang. Untuk jumlah nominal alokasi dana BOS keseluruhan, dikalikan dengan jumlah total siswa penerima.

Pihaknya berharap, penggunaan dana BOS harus sesuai mekanisme peruntukkan yang sudah diatur. Misalnya untuk biaya pendaftaran siswa baru, mendukung pelaksanan ujian nasional dan lainnya yang sudah diatur. “Kami yakin sekolah sudah bisa memahami aturan yang berlaku. Tak ada penyimpangan penggunaan dana BOS di luar ketentuan yang ada,” tandasnya.

Sumber: http://www.jpnn.com.

(admin : effendya )

Pos ini dipublikasikan di Berita Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s