JK, ”Anak-anak Kita Tak Serius Belajar”

SETIABUDHI,(GM)-
Konsep rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) seharusnya tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada setiap pelajaran di sekolah. Label RSBI hanya merupakan satu ukuran untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“Sekolah bertaraf internasional saat ini sudah keluar dari orientasinya. Muatan dari RSBI seharusnya masuk ke dalam. Menggunakan bahasa Indonesia saja belum baik, ini sudah diberikan bahasa asing, bahasa Inggris,” tutur Jusuf Kalla dalam orasi ilmiahnya saat penerimaan gelar doktor honoris causa (HC) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jln. Setiabudhi, Kamis (16/3).

Menurut mantan Wakil Presiden RI ke-10 ini melalui orasi ilmiahnya yang berjudul “Kemajuan Bangsa, Pendidikan dan Kewirausahaan”, RSBI hanya sebagai brand marking saja. Artinya, status internasional sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Tetapi di tengah jalan, tujuan seperti yang diharapkan tersebut berbeda jauh.

“Di pendidikan dasar, dengan alasan untuk internasional tadi, siswa diberikan bahasa Inggris. Akibatnya, siswa lebih paham dan tahu sejarah negara asing ketimbang sejarah dan bahasa Indonesianya sendiri,” ungkapnya.

Karena itu, pria yang biasa dipanggil JK ini menilai, pemberian bahasa asing lebih tepat diberikan di tingkat SMA saja. Sementara untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, menurut JK harus menciptakan sistem evaluasi dan penilaian yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Misalnya saja, ujian nasional harus keras, tidak boleh ada mark-up untuk lulus.

“Kenapa bangsa ini tidak maju-maju, karena saya sangat percaya sekali bahwa anak-anak kita tidak serius dan benar-benar belajar,” tegasnya.

Di tempat yang sama, anggota Komisi X, Popong Otje Djundjunan juga menerima gelar HC. Melalui orasi ilmiahnya yang berjudul “Pelestarian Budaya Bangsa sebagai Upaya untuk Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Era Globalisasi”, ia mengatakan, untuk mewujudkan kesatuan bangsa merupakan tanggung jawab utama dari pemerintah dan pemda.

Sumber: http://www.klik-galamedia.com

Pos ini dipublikasikan di Berita Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s