SISWA SMPN 3 BARADATU MENEMPUH LUN, LUS dan UTS

Senin, 1 Maret 2010

SISWA SMPN 3 BARADATU MENEMPUH LUN, LUS dan UTS

Siswa SMPN 3 Baradatu kelas 9, mulai hari ini Senin, 1 Maret s.d 6 Maret 2010, selama 6 hari, menempuh Latihan Ujian Nasional (LUN) dan Latihan Ujian Sekolah (LUS). Pelaksanaan LUN dan LUS dikondisikan sesuai dengan ketentuan dan tata tertib  POS UN, sehingga siswa diharapkan secara mental lebih siap dalam menghadapi dan menempuh UN dan US nanti. Disamping untuk melatih dan mempersiapkan mental siswa menggadapi UN yang sebenarnya; LUN dilaksanakan pula dengan  tujuan untuk mengetahui perkiraan sejauhmana tingkat keberhasilan masing-masing siswa dalam menghadapi UN dan US yang akan dilaksanakan mulai 29 Maret s.d 6 April 2010 mendatang.

Bersamaan pelaksanaan LUN dan LUS tersebut, dilaksanakan pula Ulangan Tengah Semester (UTS) bagi kelas 7 dan 8. UTS dilaksanakan setelah siswa mengikuti proses kegiatan belajar mengajar selama 8 minggu yang berlangsung  mulai 4 Januari s.d 28 Pebruari 2010, oleh masing-masing guru mata pelajaran dan juga telah diadakan Ulangan Harian. Pelaksanaan UTS mengacu kepada Peraturan Mendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Dalam Permendiknas tersebut lebih jelas dinyatakan diantaranya sbb:

  1. Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran, dan menentukan keberhasilan belajar peserta didik.
  2. Ulangan harian adalah kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu Kompetensi Dasar (KD) atau lebih.
  3. Ulangan tengah semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan seluruh KD pada periode tersebut.
  4. Ulangan akhir semester adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.
  5. Ulangan kenaikan kelas adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik diakhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester genap pada satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket. Cakupan ulangan meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan KD pada semester tersebut.
  6. Ujian sekolah/madrasah adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan dari satuan pendidikan. Mata pelajaran yang diujikan adalah mata pelajaran kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak diujikan dalam ujian nasional dan aspek kognitif dan/atau psikomotorik kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia serta kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian yang akan diatur dalam POS Ujian Sekolah/Madrasah.
  7. Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik pada beberapa mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka menilai pencapaian Standar Nasional Pendidikan.

Diharapkan kepada seluruh siswa kelas 9 SMPN 3 Baradatu yang mengikuti LUN, LUS dan siswa kelas 7 dan 8 yang mengikuti UTS dapat berlaku jujur, tanpa mencontek dan meminta dan memberi bantuan dari  dan kepada siapapun dalam menjawab soal-soal LUN, LUS atau UTS. Jadilah siswa yang jujur. Jujur adalah perbuatan terpuji sedangkan mencontek atau minta atau memberi bantuan teman dalam menjawab soal-soal pada waktu ujian atau ulangan adalah perbuatan tercela, merugikan dan membohongi diri sendiri, membohongi guru, membohongi orang tua dan membohongi orang lain. Apalah artinya dapat nilai atau prestasi yang tinggi, nilai-nilai bagus, bila diperoleh dengan cara tidak  jujur atau hasil dari bantuan dari jawaban orang lain. Siswa adalah calon pemimpin masa depan. Bila kau jadi pemimpin,  jadilah pemimpin yang jujur. Biasakan berlaku jujur dalam menjawab soal-soal ulangan atau ujian dan setiap ucapan dan tindakan niscaya kau  akan selamat dan berhasil  menempuh cita-cita yang kau inginkan. Semoga Sukses. Amiin !!!

(Effendy Akmal, S.Pd.I – Admn )

Pos ini dipublikasikan di Berita Sekolah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s