Guru Diimbau Manfaatkan Media Massa

JAKARTA–MI: Kalangan guru diimbau menyampaikan gagasan atau pemikiran dalam bentuk tulisan di media massa agar bisa tersebar ke masyarakat luas.

Hal itu dikemukakan Rektor Universitas Negeri Jakarta Dr Bejo Sunyoto pada seminar pendidikan nasional di Gedung Pusat Bahasa Indonesia Jakarta, Minggu (19/10) yang juga dihadiri pengamat pendidikan Prof Dr Winarno Surakhmat, Prof Dr Thomas Suyatno, Muhammad Qudrat Nugroho dan Darmaningtyas.

Ia mengatakan kalangan guru memiliki massa yang besar dengan jumlah guru di Indonesia yang mencapai 2,7 juta orang. Dengan kekuatan massa sebesar itu, menurut dia, kalangan guru bisa memberikan perlawanan bila menemui kebijakan atau peraturan yang merugikan, Namun, lanjut dia, meskipun guru mempunyai massa yang besar, tapi suara guru tidak harus disampaikan melalui demonstrasi atau turun ke jalan.

Tapi bisa disampaikan secara cerdas dengan mengeluarkan gagasan atau pikiran melalui tulisan pada berbagai media massa, sehingga gagasan bisa dibaca oleh masyarakat, ujar Bejo pada seminar yang diikuti sekitar 200 guru dan pengawas sekolah.

Hal senada juga disampaikan Prof Dr Winarno Surakhmat. Ia mengatakan perlawanan angkatan guru Oemar Bakri ini harus disampaikan secara positif, tidak cukup dengan aksi unjuk rasa. Bagaimana kita semakin (berupaya) pintar, sehingga kita bisa mengurus diri sendiri, ujar mantan Rektor IKIP Jakarta ini.

Menurut dia, kekuatan guru di tanah air luar biasa. Guru bisa menjadi penggembira politik. Bahkan terakhir, guru bisa menyebabkan jatuhnya seorang bupati, ketika guru dihalau hanya karena bertanya. Namun, ia juga mengkritisi kurang disiplinnya para guru di Indonesia, meskipun secara kemampuan tidak kalah pintar dari guru di negara lain. Pada umumnya guru di tanah air kurang disiplin. Guru-guru kita tidak kalah pintar, tapi kurang disiplin, ujarnya.

Pos ini dipublikasikan di Berita Pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s